Minggu, 14 September 2008

Chusok Holiday

Chusok adalah hari 'thanksgiving'nya Korea. Perhitungan hari raya ini menggunakan Lunar Calendar atau posisi bulan. Jadi agak mirip sama lebaran dan puasa juga ya. Tapi ada juga kemiripan dengan lebaran. Saat Chusok, orang orang pada pulang ke kampungnya masing masing untuk merayakan hari raya ini sama keluarga mereka. Istilahnya, mudik lah. Dan Tahun ini hari raya Chusok jatuh pada tanggal 13, 14, dan 15 september, hari sabtu, minggu dan senin. Banyak yang nggak seneng, karena mereka mengharapkan Chusok tu jatuh pada hari selasa rabu kamis. Perhitunganya, senin dan jumat jadi hari kejepit, sehingga libur bisa seminggu penuh. Wah, ternyata orang korea dan indonesia sama aja ya. Seneng hari kejepit. Termasuk profesor yang ngajar gw contemporary korean society. Padahal dia jebolan harvard plus dah tinggal di Amerika (katanya) 40 tahun..ha..ha.. sekali korea tetep korea

Tapi ni profesor agak aneh juga. Keluarganya semua tinggal di Boston. Jadi dia nggak ngerayakan chusok. Profesor ini juga nggak punya agama, walau dia percaya tuhan. Otomatis Chusok pun cuma sebagai hari raya nasional aja, tanpa pergi ke kuil, sajen dsb, dsb. Dia pun ngerayain Chusok di kampus. Sebenernya gw diundang buat makan2. Cuma karena puasa, ya, nggak datenglah. Masak dateng cuma ngeliat orang makan

Pas lagi ngenet, datenglah si Zenya, cewek rusia yang bahasa koreanya dah level 5. dia ngingetin supaya gw dateng ke tempat profesor buat ngerayain chusok. Trus gw jawab kalo gw lagi puasa. Tapi, dia nggak langsung ngerti. Jadi gw jelasin panjang lebar tentang konsep puasa. Akhirnya dia ngerti

Eh... gak berapa lama datenglah Zenya, olya, sama jengish. Ternyata makanan gw dibawain ke kamar... duh...makasih banget... Thanks ya prof and friends. Makananya ada kue kue, sama minuman. Pilih yang mana ya... cinnamon apa rice... ya cinnamon aja lah...

Malamnya ternyata asrama juga ngasih makanan lagi!!! Asik!!! mereka juga ngasih kue, dan kali ini ada buahnya: apel sama pisang. HIks... ini buah pertama di Korea... seneng banget rasanya... soalnya jujur aja..kue kuenya NGGAK ENAK!!! wah rasanya gimana... gitu...Apalagi makanya pas buka puasa. Pak Dedi juga sama ama gw pendapatnya. Mungkin karena nggak biasa aja kali ya...

Tidak ada komentar: