Sabtu, 23 Mei 2009

Belajar Phyton 2.5

Gue lagi coba2 belajar natural language processing. Dikasih tahu sama Roman(Ukraina) tentang keberadaan websitenya phyton yang bisa didownload gratisan (Modal gw....). Info aja, Phyton ini adalah salah satu (salah satu) software untuk analisis bahasa. Dosen n rekan2 gw di indonesia selama ini memang gak terlalu memperhatikan tentang bidang ini, yg masuk dalam ranah computational linguistics.

Menurut mereka, peran manusia dalam analisis bahasa gak akan pernah bisa digantikan oleh mesin, dan komputer cuma sebagai pendukung dalam bidang statistik.


Semakin gw belajar semakin gw sadar, betapa hebatnya prosesor yang ada dalam otak manusia yg diciptakan oleh tuhan. Ia jauuuuuuh lebih hebat daripada komputer. Tapi gak bisa dielak juga, bahwa sekarang ini komputer semakin berperan. Dan ia bisa dijadikan pendukung yang lumayan bisa diandalkan dalam analisis kuantitatif

Website Phyton ini lumayan lengkap. Ada buku panduanya, beserta file2 yang bisa didownload dari internet. Hmmm..ternyata gak semudah yang gua bayangkan...malahan susah banget!!!!

logika, matematika, bahasa, nalar, urgh! repotnya.... dari pagi gua nongkrong di depan komputer, 1 bab belum selesai juga...

Tidak ada komentar: