Jumat, 04 Juni 2010

QA system mengungkap penipuan

Pusing!!!!
Dosen gw ngasih tugas suruh buat paper tentang QA system...
Duh, ini sih harusnya yg jurusanya komputerrrrrr....
tapi beginilah, semester ini gw belajar language processing

Minggu kemaren dia nyuruh gw untuk nulis QA system di Indonesia
Ya sudahlah, gw bersiap-siap. langkah pertama, cari alat
gw putusin pake unitex, karena local grammar graphnya cukup kuat untuk ekstraksi info
Yang kedua korpus
cari dimana ya? yang gampang ya lewat internet
paling gak 300 pertanyaan yg harus gw analisis
jadilah gw surfing.
copy paste aja dengan keyword2 yg gw punya
tapi setelah unitex menganalisis, ada beberapa keanehan, terutama untuk korpus2 yang sifatnya penawaran bisnis. struktur semua pertanyaanya, dari gramatika ampe semantik, SAMA PERSIS!!!
yang diganti cuman nama perusahaannya doang!!!
Hmmm... ada apakah gerangan? akhirnya gw analisis secara manual. gw liat satu persatu, gw kelompokin berdasarkan kata kunci dan sifat semantiknya tuh semua pertanyaan (300 lebih!!)
dan ternyata gw baru sadar.... mereka ini grup penipu...
label yg mereka tawarkan adalah kira2 begini 'bekerja tanpa keringat, uang masuk sendiri'
yg mereka jual adalah semacam e-book. Dan e booknya ini gak afda apa2nya, cuman skrip doang. skrip ini digunakan untuk bikin website, dan digunakan untuk menipu orng lain lagi. begini terus!!

Hmmm.... baru inget gw... pas jaman-jaman gw masih muda (EHM!!!! sekarang juga masih loooo), gw sempet ngetawain 'model bisnis beginian di internet? ini mah tukang tepu!!!!' itu yg dulu gw pikir. Tapi tanpa QA analysis ya

Nah setelah gw lihat tahunya... eh, ternyata tahunnya sama kayak periode gw masih muda dulu...hahaha.....

berarti inimah sama kayak yg dulu, cuman tambah banyak aja penipunya...hihi....

Anyway, intinya QA system ini juga bisa digunakan untuk membantu mengungkap penipuan seperti in ternyata^^

Tidak ada komentar: