Jumat, 11 Juni 2010

Piala Dunia dan Toilet







Menarik jg untuk nyari pola singkatan/akronim dalam bahasa korea. misalnya 선생님 disingkat jadi 샘, 마음 disingkat jadi 맘, digital camera disingkat 디카 .....haha... kalo dah terbiasa pasti nanti enak juga ngomongny
dalam bahasa indonesia juga fenomena ini ada.

tujuanya sama, utk menghemat space, yg awalnya berasal dari kemalesan si user untuk ngetik panjang2 atau dengan alasan ngetik sedikit tujuan udah tercapai. alasan berikutnya bagi pengguna setia SMS tentu saja mengghemant uang (dengan catatan si penermia juga satu kode). karena satu kata kadang disingkat dengan banyak cara. misal kata 'kamu' biasanya disingkat 'km', 'u', atau ada juga yg lebih kejam dengan menyingkat 'k'. sebenernya sih gak terlalu kejam asal yg baca ngerti

bahasa2 seperti ini ada yang nyebut bahasa alay, yg susah dingertiin sama manusia biasa.
Bentuk2 gini bisa mengakibatkan ambigu

Pagi2 ngeliat postingan salah satu temen buku wajah/ wajah buku (maksud gw facebook...haha....terjemahan yang maksa mode/literal mode...on) yang bingung dengan PD, apakah piala dunia atau perang dunia maksudnya. mungkin dengan 'perang' masih ada sedikit hubungan, karena setiap negara disini berperang untuk mendapatkan satu piala. bedanya perangnya gak pake bedil, tapi pake kaki. mereke juga pas 'perang' gak ngerebutin tanah jajahan, tapi ngerebutin bola.
anyway, i cant agree more. emang ambigu

Jadi mbayangiin aja, kalo singkatan yg diambil untuk World Cup adalah WC...

ambigu juga kaaaan...hahah^^
tapi keduanya memang masih berhubungan. Bayangkan, jika tak ada toilet di stadion. penyelenggaraan piala dunia ini pasti tidak sukses.
Atau kayak di negara mana itu ya? republik mimpi kalo g salah! Yang kalo mau ke WC umum yang ga begitu bersihpun harus bayar!
Jadi lucu aja, liat Beckham, Messi, atau Christiano Ronaldo nyari tuker duit receh....
Ups... sekarang dah 1000 ya?
Ada yang tahu tarif terbaru?
maklum di sekitar sini nih agak susah nyari WC berbayar...huahahahahaaaa....
jangan sampe ada deh. kasihan turis2 yang kesini^^

Tidak ada komentar: