Minggu, 20 September 2009

Gratis dan Prancis


180909

Sahur dengan roti bakar, ternyata gak begitu bagus ya. Apalagi kalo makanya sedikit. Tambah lagi gw harus naik bis ke Yongin yg jaraknya 2 jam. Hoeeek! Gaya nyopir sopir korea yg zig-zag n berhenti mendadak bikin gw pingin muntah!

Berangkat nyegat bis di depan halte 태릉입구 taerung, gw ampir kelewatan bis! Ada dua bis 한국외대 HUFS ke Yongin. Yang buat mahasiswa (bayar) dan yang buat dosen (gratis). Walaupun bukan dosen, tentu gw milih yang gratis.

Nah, pas bis mahasiswa lagi berhenti, bis dosen ternyata lewat disampingnya, dan gak kelihatan! Seperti biasa, sopir Korea ngebut ngebut! Dan gak mau berhenti walau ada yg ngejar. Sebenernya gw dah pasrah. Ah, biarlah sekali ini bolos kuliah. Gw mau ngurusin ini itu juga. Tapi ada ibu-ibu, dosen HUFS juga. Entah dari negara mana, pantang me nyerah ngejar bis tersebut, ampe nggedor-nggedor pintu. Persis kenek bis kota di Indonesia

Akhirnya si Sopir bernehti dan kita naek juga. Walaupun si sopir ngomel2 sndiri. Duh, gak jadi bolos nih!

Pas di Bis, berbunyilah HP gw. Eh, si Koo (China) nelpon. Ada apakah gerangan? ‘Pri gw ketinggalan bis!’ katanya. Alamak, ternyata ada yg bener2 ketinggalan bis. Yang niat kuliah pula. ‘Jam berapa lagi ya ada?’ tanya dia. ‘kayaknya lo musti naek bis umum dah. Soalnya, bis kampus baru berangkat jam 10’ (kelas mulai jam 9. jarak tmpuh Seoul Yongin : 2jam)

Akhirnya sampe juga dia,pas kita lagi pusing-pusing ngerjain Protégé, salah satu software untuk membuat ontology. ‘Ada pertanyaan?’ kata si Prof setelah selesai menjelaskan+praktek. ‘Prof, bukanya ada program yg lebih mudah dari ini?’ tanya Baek Songiy (Korea). Emang ni program susah banget untuk pemula seperti gw. ‘Oh ada’ Jawab si Profesor. ‘Trus kenapa kita make ini, Prof? bukanya lebih gampang yang laen?’ tanya gw. Gw pikir jawabanya berkisar metodologi, prospek ke depanya, or fitur fitur tertentu, ternyata jawabanya gak disangka sangka….‘masalahnya yang laen bayar, ini khan 무료 gratis…’ jawab profesor sambil senyum-senyum….Gubrak!!!!!

Ternyata dimana-mana yg gratis lebih disukai!

Tidak ada komentar: