Minggu, 16 Mei 2010

Seoul HI Festival: Lebih dari 60 persen dari mereka adalah Ahjumma*

www.korea-pri.blogspot.com
Ni festival pada dasarnya adalah pawai kendaraan hias malem-malem. Letaknya di jalan Jongno, Seoul. Jalan yang biasanya jadi jalur transportasi yang lumayan padet tuh pada hari H di blok, mulai sore ampe festival selesai. Gw sampe sana sore. Di jalanan Jongno, kalo dateng agak siangan, ada berbagai stand dan pertunjukan juga yg bisa diliat. Tapi gw lagi banyak tugas ne…urgh…. Tugas lagi-tugas-lagi-lagi-lagi-tugas…. Tapi gw harus keluar, soalnya kemaren seharian ngerjain tugas ampe pinggang sakit. Tapi ternyata nonton festival ni bisa bikin pinggang sakit juga… eh, pegel. Kebanyakan bediri sih. Apalagi kakinya..uuuuhh…..

Datenglah gw sore hari. Stand2nya dah pada tutup, karena jalan mau dibersihin buat pawai lenteranya. Sambil nunggu, mampir dulu ke kuil. Hmm.. banyak juga yang sembahyang. Memang orang Korea, kalo punya agama, biasanya Kristen atau budha. Tapi kayaknya gak banyak juga koq. Cuman karena festival lentera aja semua ngumpul disini

Di kuil Jongno tersebut, dihias banyak banget lentera, dan di beberapa lenteranya dikasih nama (terutama yang dipasang disamping kuil). Ada orang yg khusus naik tangga tinggi buat masangin kertas nama. Terus ada gentong air dihias kembang tujuh rupa (enam, tujuh, delapan? Duh, lupa pasnya berapa jenis), trus benda kayak lidi yang dibakar(…aduuuh… bahasa indonesianya apa yaaaaa…gw lupa! Gawaaaaaaaaat), sama lilin. Hmm… tapi ini bukan ranah perdukunan sodara-sodara^^ Jadi setelah minum dari air kembang tadi (dipercaya membawa berkah) si peminum (bukan peminum bir ya) menyumbangkan uang ke kotak yang sudah disediakan di sampingnya

Wah, dah waktu makan malem. Tapi mau cari warung mahal. Jadilah gw makan jagung rebus aja. Tapi ternyata kenyang juga ya.. Jagungnya gede sih. Setelah mulai gelap, orang2 pada lomba bediri paling depan. Pastilah supaya dapet tempat bagus untuk nonton pawainya. Ada juga yang duduk sih di bangku. Tapi biasanya orang2 tua n cacat or yang bawa anak. Pokoknya segala cara supaya dapet tempat bagus deh! Wah, gw terlambat! Gara2 keenakan makan jagung!!!

Akhirnya jam setengah lapanan mulailah tu festival. Wah, dempet2 nih tempatnya. Soalnya semua berusaha maju ke depan. Tiba2…BUKKK… tersikutlah wajah gw ama Ahjumma (dan seperti biasa terjadi di Korea, tanpa ada kata maaf). Tapi yah, maklumlah, namanya juga orang rame. Tapi gak berapa lama…BUGH... didorong sama Ahjumma yang lain…duh, terpaksa mundur deh... yah. Belum lagi pas nonton, pada heboh semua nih. Akibatnya gambar2 jadi kabur karena kamera nurah gw yg fokusny gak bgtu bagus

Hmm...meriah juga. Berbagai kendaraan hias yang dihiasi lentera (bukan lentera beneran siy, tapi lampu. Soalnya kalo lilin mungkin takut kebakar ya). Ada dewa2 budha, maskot korea, hewan2 keramat dll. Selain itu ada banyak rombongan juga yang mengiringi kendaraan hiasnya. Selain itu ada beberapa rombongan juga yang lewat tanpa kendaraan hias. Biasanya mereka nih ngewakilin komunitas tertentu. Saat mereka berpawai, kadang ada yang salah jalur. Kan jalanya simpang tiga tuh. Tarolah mulainya dari titik A, dan ada yang harus jalan ke jalur B dan ada yang ke C. supaya semua bisa liat ya kali. Nah, ada yang salah jalur. Hihi…lucu deh pas liat anak2 TKnya salah jalur, mereka pada lari2an plus guru2nya juga^^ tapi semua relative lancer siy

Nah, ternyata rough statistic gw membuktikan bahwa 60% lebih rombongan (bahkan sebenernya pengen gw bilang 70 persen!) adalah Ahjumma*! Wah, jadi Ahjumma festival nih. Apa gw yang salah posisi nih? Sisanya dibagi antara Agasshi**, Kkuma***, noyakcha**** dan tentu saja para biksu, tidak hanya domestic tapi juga internasional. Selain itu ada juga masyarakat umum yang memang sudah beli lentera untuk ikut pawai.

yang unik liat tingkah laku para penontonya. Ada yng sekedar ucap salam, ada yang teriak2 ngasih semangat. Banyak juga yang sudah siap dengan kameranya dan jepret sana-sini, termasuk gw juga. Ada juga yang heboh seheboh2nya, dan yang cuman anteng nonton. Dan banyak orang asing juga lho disini. Sepertinya banyak yang penasaran ama fest ini.

Tapi ternyata ada juga yang seperti gw certain tadi, nyerobot sana sini, sikut sana sini demi dapet tempat. Ada juga yang ngelewatin jalan, ngelanggar garis marka. Padahal kan jalanya untuk lewat pawai. Bisa bikin kacau pawai tuh. Polisinya dah teriak2 tapi dikacangin. Kasihan deh lu… makanya jangan pake kacamata donk polisinya. Trus pelihara deh kumis. Hueehehehe…… Pertanyaanya adalah siapakah orang2 tersebut? Ternyata kebanyakan adalah…. Kkkk… jawab sendiri dech. Tapi setelah mendapat sikutan dan dorongan untuk kesekian kalinya, gw nyerah dan mundur… lagian batere juga dah abis. Hmmh… istirahat bentar sambil cari batere

Setelah dapet, baris lagi deh. Wah, yang didepan bule tinggi2. Jadi gak keliatan deh. Tapi kok pada mundur satu2? Ternyata dah mau pulang. Wah, dapet tempat bagus nih, walaupun pawai kendaraanya dah mau abis! Ah tapi gpp. Lumayan dah. Trus ada yg lucu pas gw liat pengiringnya salah satu kendaraan hias. Dibelakangya diikuti perempuan2, tapi ternyata ada laki2nya juga yang pakai pakaian perempuan…haha… dah keabisan stok kali. Lagian malem2 siapa jg yang meratiin. Eh tapi gimana gak liat, wong gw dapetnya di depan. Trus ada juga anak2 yang nangis di tengah jalan. Takut kali ya dia liat badut2nya

Setelah pawai rombongan selesai jam 10an (malem), kendaraan hias diparkir. Banyak yang poto-poto. Tapi sebagian besar menuju ke panggung utama. Karena ada acara tarian dan nyanyi segala. Dari yang tradisional ampe yang modern. Hmm…gw dimana? yah, setelah poto2 sebentar, gw sempetin nonton. Tapi kaki dah pegel, jadinya gw masuk ke Jonggak station (pas dibawah panggung utama festivalnya), naik subway dan pulang…tapi ketika naek subway, kadang kalo lo meratiin, ada aja hal yang menarik terjadi disana.

Di dalem subway, ada orang mabok didepan gw ngajak ngobrol ama dua orang bule disampingnya…hihi.. lucu deh. Si bule 1 ndengerin aja, dan yg aktif ngobrol adalah bule 2. Si bule pake bahsa inggris, si orang mabok pake bahasa gak jelas (korea bukan, INggris enggak, Indonesia apalagi). Tapi heranya si bule 2 lancar2 aja jawabnya. “oh, I am a musician”…”yeah, it’s pretty good”…” This lantern is hand made”. Si bule satu penasaran karena liat temenya ngomong panjang banget. ‘emangnya lu bisa bahasa Korea?” tanya dia k temena. dijawab ama bule 2 “nggak”. Keheranan, si bule 1 tanya lagi. Trus kok lo bisa ngobrol ama dia? Emang lu tahu dia bilang apa?”. Dibaleslah dengan enteng sama bule 2 “dia bilang ‘saya mabok makolli******’ “!!

Haha^^

*Kata panggilan untuk Ibu-Ibu di Korea. Kata ini identik dengan tukang masak atau pelayan di warung. Tapi biasanya, Ahjumma berambut keriting serta bersuara keras. Ahjumma memiliki konotasi negatif/p (walau tidak semua...namanya saja stereotip…), seperti ngobrol keras-keras dalam subway, sering sikut sana-sini kalau mau masuk pintu kereta, perkakasnya yang banyak, dan nyerobot antrian…hoho…pokoke gw pernah ngalamin semuanya deh. But once again, it is a stereotype
** wanita muda
*** anak-anak
**** orang orang jompo dan cacat
***** minuman keras tradisional. Dijual bebas seperti miras lainya di Korea

Tidak ada komentar: