Jumat, 24 September 2010

Setelah Solat Jumat Badan Terasa Enteng



Setelah Solat Jumat Badan Terasa Enteng


Beberapa hari ni gw sibuk ngerjain tugas (emang kapan ga sibuknya??) hehe... biasalah sok sibuk... Ni badan remuk banget dah. Kadang pinggang juga senud-senud. Sayangnya balsem kesayangan gw abis. Ni balsem yang baunya bikin mabok dan sering dipake mbah2 di bis atau kereta ekonomi (walaupun jurusan kuliah bukan ekonomi, tapi kalo naik kendaraan umum tetep ekonomi...hehe). Sebagai gantinya gw tempelkanlah salonpas korea yg disebut 파스 /pashə/. Akhirnya sampelah hari yang ditunggu-tunggu, yaitu hari jumat, harinya istirahat…hehe… Berangkatlah gw ke Seoul Central Masjid di Itaewon ama si Yasin house mate gw.



Ternyata ruame buanged! “Ni ramenya ngelebihin solat ID lebaran, Mas” kata temen gw Mas Rusdi pas abis solat jumat. Rame banget sih. Padahal belum adzan, tapi gw dah ga dapet tempat di dalem. Untung pake tangan panjang, kalo gak kedinginan dah di luar. Nah, dan menariknya, yang banyak tuh jamaah dari Indonesia…. In karena hari jumat nih hari chuseok kejepit, jadi pekerja dan mahasiswa (yang pekerja juga…hehe…pekerja lab mangsudnyaaaa), dikasih libur ama bos. Baik bos pabrik, maupun bos lab (baca: professor). Hari Raya Chuseok di Korea sendiri mirip lebaran di Indonesia.



Jamaah Indonesia sih disini lumayan tertib. Kenapa gw bilang gt, karena di depan gw ada tiga orang, entah dari planet mana, ngobrooool melulu kayak di warung kopi sambil makan pisang goreng. Dari gw dateng, pas khotib ceramah, and mungkin kalo pas solat boleh ngobrol (gak mungkin kaleee), mereka bakal ngobrol jg. Urgh… ganggu konsentrasi istirahat… ups, maksud gw dengerin khotbah.

Lumayanlah khotbah kali ini. Khotbah pertama bahasa inggris, kedua bahasa Korea. Bayangin kalo pas kayak dulu sempet khotbah bahasa arab full… alamak… yg ngerti bahasa Arab sih OK. Cuman yang gak ngerti neeeh…. Pas itu habis solat jumat ada pengumuman. “abang2, mas-mas, jamaah solat jumat sekalian, tadi Pak Khotib ceramah, intinya seperti ini…bla…bla…bla…”. Ternyata selain muadzin, khotib dan imam, ada jabatan mulia lain yaitu penerjemah sekaligus perangkum khotbah…hehe…



Nah, kembali ke gangguan tadi. Gangguan lain juga ada. Pas lagi dengerin khotib, orang dari galaksi mana, udah dateng terlambat, nyuruh gw duduknya maju, maksa lagi! Dia mau solat tahyatul masjid kayaknya. Padahal gw dudukny udah mepet sama yang depan. Mau kemana lagi coba…Urgh…Akhirnya orang disebelah gw yang sebel bilang, “you, late, back!” yang terjemahan bebas sekalinya dalam bhs Indonesia gini. “Eh, lu jangan seenaknya aje!dah tau datang telat, maksa lagi. Salah sendiri. No, ke saf nyang belakang sana. Mangkanya laen kali kalo dateng agak pagian. Bantuin takmir buka gerbang sekalian!”



Alhamdulillah pas solat ni orang gak rese. Bayangin kalo lagi solat…tiba2 ada yang ngomong, “kang, majuan dikit dong”. Gimane coba?



OKlah… Kembali ke judul. Sebelum solat badan gw cape dan berat banged. Tapi ternyata setelah solat jumat badan gw jadi enteng!!!



Dengan gembira gwpun melangkah keluar bareng si Yasin, trus beli ayam di samping mesjid. Nah, ketemu ama Taufik KDI, beli sesuatu juga. Pas keluar dan jalan beberapa meter gw peratiin si Taufik “tadi taufik bawa bungkusan yang dia beli. Sekarang bungkusanya mana ya? Apa dia ketinggalan? Oh… mungkin dimasukin di tasnya”. Kira2 gt pikiran gw. Nah, daripada gw nenteng2, mendingan masukin tas gw aja nih ayam. Ketika gw megang pundak, baru gw nyadar bahwa tas gw masih ketinggalan di masjid. Astagaaa….



“Yasin, I guess I left my bag back there. You can wait here, I’ll b back in a moment” kata gw sambil lari balik ke masjid…



Pantesan aja, setelah solat jumat badan terasa….



Tidak ada komentar: